Iga Sapi Bakar Empuk Meresap

By | February 13, 2019

Suami pecinta iga banget dapat tantangan lagi dari suami bisa masak iga bakar yang super endeus.. maklum kalau cari yg halal disini (lagi di nl) harga matengnya 14€. Hiks.. Nah, kali ini dieksekusi, dan dapet komen juara lagi asiik! Dan yang terpenting makannya sehat dan bisa sepuasnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging iga sapi
  2. 4 liter/secukupnya air (untuk merebus empuk)
  3. 5 lembar daun salam
  4. Bumbu-bumbu:
  5. 5 siung bawang putih
  6. 1 buah bawang bombay kecil/sedang
  7. 1 sdm saus tiram
  8. 4 sdm kecap manis
  9. 2 sdm madu
  10. 1 sdt gula merah
  11. 1 sdt merica hitam/ merica putih/lada
  12. secukupnya garam
  13. 2 sdm minyak untuk menumis

Langkah

  1. Bersihkan daging iga sapi dan potong-potong sesuai selera. Lalu rebus ke dalam air bersama daun salam hingga mendidih, lalu kecilkan api. Masak dengan api kecil hingga kurang lebih 1jam sambil disaring/dibuang lemak yang mengambang.  
  2. Sembari menunggu iga empuk, haluskan bawang putih dan iris tipis bawang bombay. Lalu sisihkan.  
  3. Setelah satu jam, matikan api rebusan iga. Angkat iga dan tusuk-tusuk dagingnya dengan garpu (membantu peresapan bumbu). Sisihkan 1 L air rebusan untuk dipakai ungkepan bumbu, sementara sisanya bisa disimpan untuk kebutuhan masakan lainnya.  
  4. Cara menyimpan air kaldu: diamkan beberapa saat di suhu ruangan hingga suhunya sama, lalu pindahkan ke dalam kulkas bawah beberapa jam/semalam. Saring air kaldu ke dalam wadah baru untuk memisahkan lemak bekunya. Kemas ke dalam wadah, dan bisa disimpan ke dalam freezer (jika tidak segera digunakan)  
  5. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay iris terlebih dahulu kemudian bawang putih halus. Tumis hingga harum.  
  6. Tambahkan 1 L air kaldu yang telah disisihkan sebelumnya + iga sapi yang telah ditusuk-tusuk + seluruh bumbu lainnya. Masak dengan api kecil hingga kuah menyusut dan mengental.  
  7. Sesekali koreksi rasa, sambil menunggu ungkepan. Jika kurang asin, bisa ditambahkan garam.  
  8. Siapkan grill/panggangan. Nyalakan api kecil, oleskan minyak diatas grill, tunggu hingga agak panas. Susun iga diatasnya, oleskan dengan bumbu ungkepan sambil didiamkan dan dibolak balik. Lakukan hingga seluruh permukaan iga bertekstur grill.  
  9. Siap disajikan bersama sambal terasi dan lalapan.. 🙂  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *